Konsep Kepemimpinan Dalam Islam

Oktober 14, 2016
Kitab yang berjudul asli Al-Imamah al-‘Uzhma ‘inda Ahli as-Sunnah wa al-Jam’ah (1987) ini merupakan karya seorang ulama besar asal Mekkah, Prof. Dr. Abdullah bin Umar Ad-Dumaiji. Kitab yang aslinya setebal 718 halaman ini ditulis oleh beliau sebagai tesis untuk meraih gelar megister di Universitas Ummul Qura. Setelah diadakan ujian (munaqasyah) oleh dewan penguji, penulis pun dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude  (mumtaz). Di antara anggota dewan penguji itu adalah Syaikh Sayyid Sabiq, seorang ulama yang terkenal dengan kitabnya, Fiqhus Sunnah.

Bagi para aktifis Islam, juga ummat pada umumnya, kitab ini sangat penting. Sebab, di samping memberikan wawasan ilmiyah yang luas tentang konsep imamah, insya Allah juga akan menambah keyakinan dan kemantapan dalam memperjuangkan tegaknya tatanan (sistem) Islam dalam kehidupan. Dalam salah satu butir kesimpulannya, Syaikh Ad-Dumaiji mengatakan, “Tidak ada kemuliaan dan ketinggian derajat bagi umat Islam, kecuali dengan kembali berhukum pada Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya, serta mengembalikan kemuliaan dan kehormatan umat Islam.” (hlm. 516-517)

Latar belakang ditulisanya kitab ini adalah keprihatinan penulis akan adanya upaya-upaya jahat berupa taswih (pencitra-burukan) dan tadnis (pencemaran) terhadap konsep imamah dan khilafah yang telah ada sejak awal Islam. Ad-Dumaiji menyatakan bahwa kitabnya bertujuan untuk membersihkan konsep imamah dari segala macam debu dan kotoran yang menempel sehingga konsep imamah menjadi jelas –dan tetap aktual‒ bagi siapa saja yang hendak mencari kebenaran.

Selain ditulis dengan penuh kesungguhan dan kecermatan, kitab ini juga mempunyai sejumlah keunggulan. Di antaranya:
1. Kelengkapan dalil dan argumentasi menurut pemahaman Ahlus Sunnah wal Jama’ah.
2. Kesadaran akan situasi kontemporer dan aktualisasi konsep imamah ‘uzhma
3. Metode penulisan yang adil dan teruji secara ilmiah.

Siap pun yang membaca buku ini akan memperoleh tambahan wawasan ilmu keislaman yang tidak sedikit, khususnya tentang siyasah syar’iyyah (politik Islam).

Judul Buku:
Tebal buku   : 664 hlm (Hard Cover)
Harga            : Rp. 110.000,-

Pemesanan : 0812-2806-3865 (WA/ SMS)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »