Riyadhus-Sholihin BAB 2 "TAUBAT"

Januari 01, 2016
بَابُ التَّوْبَةِ
BAB TAUBAT
قَالَ العلماءُ: التَّوْبَةُ وَاجبَةٌ مِنْ كُلِّ ذَنْب، فإنْ كَانتِ المَعْصِيَةُ بَيْنَ العَبْدِ وبَيْنَ اللهِ تَعَالَى لاَ تَتَعلَّقُ بحقٍّ آدَمِيٍّ فَلَهَا ثَلاثَةُ شُرُوطٍ:
أحَدُها: أنْ يُقلِعَ عَنِ المَعصِيَةِ.
والثَّانِي: أَنْ يَنْدَمَ عَلَى فِعْلِهَا.
والثَّالثُ: أنْ يَعْزِمَ أَنْ لا يعُودَ إِلَيْهَا أَبَداً. فَإِنْ فُقِدَ أَحَدُ الثَّلاثَةِ لَمْ تَصِحَّ تَوبَتُهُ.
وإنْ كَانَتِ المَعْصِيةُ تَتَعَلقُ بآدَمِيٍّ فَشُرُوطُهَا أرْبَعَةٌ: هذِهِ الثَّلاثَةُ، وأنْ يَبْرَأ مِنْ حَقّ صَاحِبِها، فَإِنْ كَانَتْ مالاً أَوْ نَحْوَهُ رَدَّهُ إِلَيْه، وإنْ كَانَت حَدَّ قَذْفٍ ونَحْوَهُ مَكَّنَهُ مِنْهُ أَوْ طَلَبَ عَفْوَهُ، وإنْ كَانْت غِيبَةً استَحَلَّهُ مِنْهَا. ويَجِبُ أنْ يَتُوبَ مِنْ جَمِيْعِ الذُّنُوْبِ، فَإِنْ تَابَ مِنْ بَعْضِها صَحَّتْ تَوْبَتُهُ عِنْدَ أهْلِ الحَقِّ مِنْ ذلِكَ الذَّنْبِ وبَقِيَ عَلَيهِ البَاقِي.
Para ulama menyatakan bahwa bertaubat dari segala dosa adalah wajib. Apabila kemaksiatan (dosa) tersebut dilakukan seorang hamba kepada Allah dan tidak ada kaitannya dengan hak manusia, maka taubatnya ada tiga syarat yaitu:
1.    Meninggalkan kemaksiatan tersebut.
2.    Menyesalinya.
3.   Bertekad kuat untuk tidak mengulanginya selama-lamanya. Jika salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi, maka taubatnya tidak sah (tidak diterima).

Alloh Ta’ala berfirman:
قَالَ الله تَعَالَى: { وَتُوبُوا إِلَى الله جَمِيعاً أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ } [النور: 31]
Dan bertaubatlah kalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman supaya kalian beruntung.” [QS. an-Nur (24): 31]

Faidah-faidah ayat:
1.    Perintah kepada seluruh kaum mukmin untuk bertaubat kepada Allah.
2.    Ayat ini menunjukkan bahawa tidak ada manusia yang terlepas dari salah dan dosa.
3.    Bertaubat akan menghantarkan keberuntungan bagi pelakunya, karna konsekwensi dari diampuninya dosa adalah terbebas dari neraka atau masuk surga. Dan inilah hakikat dari keberuntungan atau kemenangan.

Hadits:
وعن أبي هريرةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ: سمعْتُ رسولَ الله صَلّى اللهُ عَليْهِ وَسَلَّمَ ، يقول: (( والله إنِّي لأَسْتَغْفِرُ الله وأَتُوبُ إِلَيْه في اليَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً )) رواه البخاري (6307).
“Demi Allah, sesungguhnya aku benar-benar memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya lebih dari tujuh puluh kali dalam setiap harinya.” (HR. Bukhori)


1.    Bolehnya bersumpah atas sesuatau yang memberikan penekanan, walaupun tanpa itu sudah meyakinkan orang.
2.    Perintah bagi semua umat untuk bertaubat dan memohan ampunan atas dosa-dosa yang telah ia perbuat, sebagai contoh Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam seseorang yang mulia yang telah di jamin mendapatkan ampunan dari apa yang telah maupun yang akan di perbuat, rosululloh tetap bertaubat dan memohon ampun kepada Alloh.
3.    Memperbanyak bertaubat dan memohon ampun kepada Alloh, sebab seorang hamba tidak terlepas dari kesalahan dan dosa.

وعن أبي هُريرةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلّى اللهُ عَليْهِ وَسَلَّمَ: (( مَنْ تَابَ قَبْلَ أنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِها تَابَ اللهُ عَلَيهِ )) رواه مسلم (2703).
“Barangsiapa yang bertaubat kepada Allah sebelum matahari terbit dari barat (kiamat) niscaya Allah akan menerima taubatnya.” (HR. Muslim)

Faidah-faidah hadits:
1.    Pintu taubat senantiasa terbuka sebelum masa dimana saat itu matahari telah terbit dari tempat terbenamnya.
2.    Pintu taubat akan tertutup apabila matahari sudah terbit dari tempat terbenamnya
3.    Senada dengan hal ini pintu taubat akan senantiasa terbuka sebelum nyawa tinggal di kerongkongan (naza’).
4.    Taubat tidak diterima disaat-saat tidak ada harapan lagi untuk bertahan hidup.
Materi Terkait:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
1 Mei 2017 pukul 00.16 delete

Masukkan komentar Anda...memang perayaan zaman dulu syirik

Reply
avatar