Do'a Rosululloh Untuk Abdulloh bin Abbas

Desember 05, 2015
Nama dan nasabnya
          Beliau adalah Abdulloh bin Abbas bin Abdul Muthalib Al Qurosyi Al-Hasyimi, anak paman Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam. Ibunya adalah Ummu Fadhl Lubabah binti Al-Harits Al-Hilalilyah, saudarinya Maimunah istri Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam.

Gelarnya
          Beliau digelari dengan Abu Al-Abbas karena dinisbahkan kepada ayahnya Al-Abbas, pamannya Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam. Beliau dijuluki dengan Habru Hadzihil Ummah (Tokoh Ulama’ Umat ini) dan Tarjumaanul Qur’an (Penerjemah Al Qur’an). Beliau juga digelari dengan Al Habru atau Al Bahru (samudera) karena keluasan ilmunya, ketinggian pemahamannya, kesempurnaan akalnya, luasnya keutamaanya dan keturunannya yang mulia.

Karakteristiknya
          Beliau radhiyallohu ‘anhum adalah seorang yang berpostur tinggi dan besar, wajahnya tampan, gagah lagi fasih. Beliau senang memakai pakaian yang bagus dan banyak menggunakan parfum, sampai ke tingkatan apabila beliau lewat di sebuah jalan, orang-orang akan mengatakan bahwa ini adalah Ibnu Abbas, atau orang yang membawa minyak wangi. Di akhir hayatnya beliau mengalami kebutaan dan bersyair:
Jika Alloh mengambil cahaya kedua mataku
Maka di lisan dan pendengaranku ada cahaya
Hatiku cerdas dan akalku tidak ada taranya
Di mulutku ada ketajaman seperti pedang yang terhunus

Kelahirannya
          Beliau radhiyallohu ‘anhuma dilahirkan tiga tahun sebelum hijrah, ketika Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam dan keluarganya ada di Bani Hasyim diboikot di Sya’b (lembah) Abi Thalib. Ibnu Abbas radhiyallohu ‘anhuma berkata, “Ketika Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam berada di Sya’b, ayahku datang kepada beliau dan berkata, ‘Wahai Muhammad, saya melihat Ummu Fadhl akan segera melahirkan.’ Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam bersabda, ‘Semoga Alloh menjadikan Anda bahagia’.”
          Dalam riwayat lain disebutkan, “Semoga Alloh membahagiakan Anda dengan seorang laki-laki.”
          Ketika ibuku telah melahirkanku, dia membawaku dengan sehelai kain kepada Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam, dan beliau men-tahniq (mengusap langit-langit mulut)ku dengan liurnya.”
          Mujahid rahimahulloh, “Kami tidak mengetahui ada orang yang ditahniq oleh Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam dengan air liur beliau selain Ibnu Abbas.”
          Ibnu Abbas radhiyallohu ‘anhuma berkata, “AKu dilahirkan tiga tahun sebelum hijrah. Saat itu kami berada di Sya’b (lembah) Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam wafat ketika saya berusia tiga belas tahun.”
        Diriwayat lain disebutkan beliau berusia lima belas tahun dan ini yang lebih tepat.

Persahabatannya dengan Rosululloh
        Beliau radhiyallohu ‘anhuma seorang yang sangat dekat dengan Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam dan yang paling dicintai olehnya. Dia adalah anak paman Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam yaitu Al Abbas radhiyallohu ‘anhu, putra Lubabah binti Al-Harits saudari Maimunah radhiyallohu ‘anha istri Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam. Ibnu Abbas radhiyallohu anhuma sering menghabiskan berjam-jam di rumah Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam di rumah bibinya Maimunah radhiyallohu ‘anha. Oleh karena kedekatannya yang luar biasa dengan Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam, maka dia dapat belajar akhlak yang mulia, kebiasaan yang tinggi dan berbagai keistimewaan dari beliau. Sebagaimana beliau dapat mengambil ilmu dari Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam dan menghafalnya. Juga menghafal perkataan Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam, perbuatan dan keadaan beliau. Dengan demikian, dia dapat mengambil ilmu yang banyak, mendapatkan pemahaman yang mendalam dan balaghah yang luas. Ditambah lagi dengan kefasihan, keindahan, keaslian dan penjelasan dari Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam.
      Ibnu Abbas radhiyallohu ‘anhuma, berkata, “Aku pernah menginap di rumah bibiku Maimunah dan menyiapkan air untuk Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam mandi. Rosululloh bertanya, “Siapa yang menyiapkan ini? Mereka menjawab, “Abdulloh bin Abbas.” Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam berdo’a:
اللَّهُمَّ فَقِهْهُ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ
 “Ya Alloh, pahamkanlah dia dalam masalah Agama dan ajarkanlah dia tafsir.”
      Ibnu Abbas radhiyallohu ‘anhuma juga berkata, “Aku mendatangi Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam di akhir malam, kemudian aku sholat di belakangnya. Beliau shollallohu ‘alayhi wa sallam mengambil tanganku dan menaruhku di sampingnya. Ketika selesai dari sholatnya, beliau shollallohu ‘alayhi wa sallam bersabda, “Mengapa ketika aku menempatkanmu di sampingku kamu berdesah?” Aku menjawab, ‘Ya Rosululloh, apakah layak seorang sholat sejajar denganmu, sementara engkau adalah Rosululloh yang dikaruniai segalanya oleh Alloh?
   Ibnu Abbas berkata, “Beliau heran denganku dan berdo’a kepada Alloh agar menambahkan kepadaku ilmu dan pemahaman.”
      Ibnu Abbas juga ikut bersama Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam dalam penaklukan kota Makkah, perang Hunain dan Tha’if. Pada waktu itu beliau baru saja menginjak dewasa. Beliau juga hijrah bersama ayahnya Al Abbas radhiyallohu ‘anhu ke Madinah sebelum penaklukan kota Makkah. Beliau berdua bertemu dengan Rosululloh di Al-Juhfah, ketika Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam akan berangkat untuk menaklukkan kota Makkah. Keduanya bergabung bersama Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam dan ikut menyaksikan penaklukan tersebut.


 Artikel terkait:

  • Ketinggian ilmu Ibnu Abbas rodhiyallohu 'anhuma
  • Umar bin Abdul 'Aziz
  • Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »