Tahukah Anda? Ternyata Penemu Pesawat Terbang Adalah Ilmuwan Muslim

April 07, 2017
Saudaraku yang dirhamti oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ketika Anda sedang naik pesawat terbang, pernahkah terlintas di fikiran Anda, siapa yang pertama kali membuat pesawat terbang? Atau setidaknya siapa yang menginspirasi ide untuk membuat benda yang bisa melintas menembus awan tersebut?

Banyak literatur mencatat bahwa pesawat terbang diciptakan oleh ilmuwan barat yaitu Roger Bacon yang kemudian dikembangkan oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright). Benarkah informasi tersebut? Mari kita uji..!!

Fakta sebenarnya, ide dan inspirasi terciptanya pesawat terbang berasal dari cendekiawan Islam. Kebenaran ini disembunyikan oleh orang-orang yang tidak senang dengan kegemilangan Islam.

Penolakan (penyembunyian) fakta prestasi ilmuwan Muslim bukanlah hal yang mengejutkan dan mengherankan karena dunia barat tidak ingin merasa berada di bawah umat Muslim dalam membangun peradaban dan ilmu pengetahuan di dunia ini.

Seorang ilmuwan yang bernama Ibnu Firnas (Armen Firman) rahimahullah dari Andalusia (Spanyol) terinspirasi kejadian Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam, tetapi dia sadar bahwa manusia biasa tak mungkin bisa naik Buraq kendaraan Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam untuk Isra’ Mi’raj, karena dia hanya manusia biasa, bukan seorang Nabi.

Namun demikian beliau selalu memimpikan agar suatu saat manusia bisa terbang bebas laksana burung di angkasa.  Sekitar tahun  852 M,  Ibnu Firnas rahimahullah, mulai meneliti gerak aerodinamika, fisika udara, anatomi burung dan kelelawar. Sampai pada suatu saat beliau menyimpulkan bahwa manusia bisa terbang sehingga terciptalah sebuah alat terbang yang menggunakan prinsip kepakan/lambaian sayap seperti yang ada pada burung, kelelawar atau serangga.

Dalam percobaannya dia naik menara Masjid Cordoba, disaksikan oleh ribuan orang di bawahnya, lalu melompat dan melayang terbang sejauh kira-kira 3 KM dan mendarat dengan selamat.  Ribuan orang bertepuk tangan dan merasa kagum atas kreasianya.

Waktu itu dunia barat masih dalam masa  kegelapan sehingga menganggap hal tersebut adalah sihir  Ibnu  Firnas. 500 tahun kemudian temuan  Ibnu Firnas menjadi dasar literature Roger Bacon dalam megembangkan pesawat. 200 tahun kemudian, tepatnya pada awal abad 19  literatur tersebut menginspirasi Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) untuk membuat pesawat terbang.

Saudaraku yang dirahmati oleh Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Fakta di atas merupakan bukti keunggulan orang-orang Islam di atas orang-orang kafir. Kita harus bangga sebagai seorang Muslim dan tidak merasa minder serta mengagumi orang-orang Barat, karena pada hakikatnya, yang terhebat adalah umat Islam atas idzin Allah.

Informasi Lainnya:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »