BAB TAQWA

April 16, 2016
قَالَ الله تَعَالَى: { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ } [آل عمران: 102]
“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya.” [QS. Ali Imron (3): 102]

Faidah-faidah ayat:
1.    Dari Ibnu Mas’ud secara mauquf di katakan”Hendaklah Allah itu ditaati dan tidak boleh di durhakai, harus diingat dan tidak di lupakan, harus di syukuri dan tidak boleh diingkari”

وَقالَ تَعَالَى: { فَاتَّقُوا الله مَا اسْتَطَعْتُمْ } [ التغابن :16]
“Maka bertakwalah kalian kepada Allah menurut kesanggupan kalian.” [QS. at-Taghabun (64): 16]

Faidah-faidah ayat:
1.    Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya agar mereka bertakwa kepada-Nya sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan mereka.
2.    Perintah mengerahkan tenaga yang maksimal untuk bertakwa tetapi tidak diperbolehkan memaksakan diri di luar kemampuan.

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه، عن النَّبيّ صلي الله عليه و سلم، قَالَ: (( إنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرةٌ، وإنَّ اللهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا فَيَنْظُرَ كَيفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا وَاتَّقُوا النِّسَاء؛ فإنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إسرائيلَ كَانَتْ في النِّسَاءِ )) رواه مسلم (2742).
“Sesungguhnya dunia itu manis dan indah, dan sesungguhnya Allah menguasakan kepada kalian untuk mengelola apa yang ada di dalamnya, kemudian Allah mengawasi apa yang kalian perbuat. Maka berhati-hatilah kalian terhadap dunia dan wanita. Sesungguhnya bencana yang pertama kali timbul pada bani Israil adalah karena wanita.” (HR. Muslim)

Faidah-faidah hadits:
1.    Anjuran untuk berzuhud dalam masalah harta (dunia) dan tidak berjalan di bawah kendalinya atau bergantung pada kegemerlapan dunia. Sebab dunia menawarkan rasa manis, ketergantungan pada keindahan, dan perhiasannya kepada manusia.
2.    Barangsiapa yang bergantung kepada dunia, niscaya dunia itu akan membinasakanya. Namun demikian, tidak selayaknya seorang hamba melupakan bagianya dari dunia ini.
3.    Alloh telah menjadikan manusia sebagai khalifah yang sebagian mereka menggantikan sebagian lainya di dunia agar dapat melihat bagaimana mereka berbuat, karena dunia merupakan tempat ujian dan cobaan, bukan tempat yang kekal abadi.
4.    Dunia merupakan batu loncatan menuju kehidupan yang abadi, oleh karena itu, hendaklah kalian membekali diri di dunia ini dalam menempuh perjalanan menuju kehidupan yang kekal abadi itu.
5.    Peringatan untuk berhati-hati terhadap fitnah yang ditimbulkan oleh wanita.
6.    Belajar dan mengambil pelajaran dari umat-umat terdahulu, karena apa yang pernah menimpa Bani Israil bisa juga menimpa kaum lainya jika mereka melakukan hal yang sama dengan mereka.

عن ابن مسعودٍرضي الله عنه : أنَّ النَّبيّ صلي الله عليه و سلم  كَانَ يقول: (( اللهمَّ إنِّي أَسألُكَ الهُدَى، وَالتُّقَى، وَالعَفَافَ، وَالغِنَى )) رواه مسلم (2721).
“Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu semoga Engkau berkenan memberi petunjuk, ketakwaan, kesucian diri, dan perasaan cukup.” (HR. Muslim)
عن أبي طريفٍ عدِيِّ بن حاتمٍ الطائيِّ  رضي الله عنه، قَالَ : سمعتُ رسولَ الله صلي الله عليه و سلم ، يقول: (( مَنْ حَلَفَ عَلَى يَمِينٍ ثُمَّ رَأَى أتْقَى للهِ مِنْهَا فَليَأتِ التَّقْوَى )) رواه مسلم (1651).
“Barangsiapa yang bersumpah, kemudian dia beranggapan dengan sumpahnya tersebut dia telah bertakwa kepada Allah, maka hendaklah dia melaksanakan sesuatu yang menunjang ketakwaannya tersebut.”

Faidah-faidah hadits:
1.    Tunduk kepada Alloh Yang yang mahatinggi dan berlindung kepada-Nya dalam segala keadaan.
2.    Kebutuhan jiwa kepada kemuliaan akhlak agar dia tetap teguh berpegang pada perintah Alloh dan takut terhadap siksaaan-Nya serta mengharap rahmat-Nya.
3.    Merupakan suatu keharusan bagi seseorang untuk tidak hanya bersandar dan condong semata kepada amalnya. Karena Rasulullah shollallohu ‘alayhi wa sallam saja masih tetap memohon permohonan seperti itu, padahal beliau merupakan orang yang paling tahu masalah agama.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »